• admin@sahabatprosyariah.co.id
  • Senin - Ahad: 09:00 - 16:00 (kecuali Ahad s/d 13.00)
Your search results

Menilik Tips Memiliki Rumah Tanpa Riba di Tasikmalaya

Posted by admin on March 30, 2023
0

Bismillah,

Disini siapa sih yang ga pengen punya rumah sendiri? Tapi bukan berarti mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank yang mengandung riba sebagai solusinya, kan? Namun sayangnya, tidak sedikit dari masyarakat yang memiliki pandangan seperti ini, “Zaman sekarang kalau tidak Kredit Pemilikan Rumah (KPR), mana bisa beli rumah sendiri, kan ambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR) juga harus sedikit nekat, kalau takut, ya gak akan bisa punya rumah sendiri”.

~ No No Nooo!!

Ini justru pandangan dan perkataan yang tidak tepat ya. Loh kenapa? Yuk simak bahasan lengkapnya mengenai pentingnya beli rumah tanpa riba yaa..

Hallo Sahabat Semua :))

Sebagaimana yang kita ketahui, rumah merupakan kebutuhan primer dan setiap orang pastinya ingin memilikinya dengan hasil usahanya sendiri. Namun, bagi umat Islam ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membelinya. Meskipun kian hari, sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank semakin merebak. Tidak sedikit dari masyarakat yang berhasil beli rumah tanpa riba dan tentunya tanpa menggunakan sistem pembelian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank. Karena maa syaa allaah beli rumah tanpa riba, yang mana notabenenya ini merupakan skema syariah memiliki banyak keuntungan mulai dari sistem kredit yang jauh lebih aman, nyaman dan tentunya terhindar dari dosa riba. Lalu gimana ya cara beli rumah tanpa riba? Nah untuk pembahasan ini udah pernah admin up juga nih di artikel Panduan Panduan untuk Memiliki Hunian Syariah Idaman. Untuk itu, sebelum kita beli rumah tanpa riba kita harus mengenali dan mengetahui tips penting beli rumah tanpa riba. Dan menurut salah satu ulama besar Indonesia, Buya Yahya terdapat beberapa tips beli rumah tanpa riba.

Mengutip dari sebuah portal, Beliau mengemukakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan yang paling utama dalam beli rumah tanpa riba adalah mengukur kemampuan. Karena sebagaimana yang kita ketahui, setiap orang harus mengukur kemampuan keuangannya untuk mengambil kredit atau beli rumah tanpa riba. Jika memang belum mampu jangan lantas dipaksakan karena khawatir akan menimbulkan mudharat lainnya.“Pertanyaannya apakah harus saya ambil kredit? Jawabannya adalah jangan anda membeli sesuatu sebelum waktunya. Ngontrak enggak ada masalah ngontrak. Rumah megah kita bangun pun kalau kita mati, kita serahkan kepada orang” ujar beliau.

Menurut Buya Yahya, jika ekonomi belum mampu, maka mengontrak lebih baik dibanding harus mengambil kredit yang dipaksakan.

“Jangan merasa kecil dengan ngontrak, jangan memaksa membeli sebelum waktunya. Memang waktu mengambil kredit itu, membayarnya murah. Tapi kalau sudah menumpuk?,” tambahnya.

Jika kebanyakan tagihan, lanjut Buya Yahya, maka sudah mulai bingung menutupinya. Mulai teledor dalam pekerjaan yang akhirnya berujung korupsi.

“Kebanyakan tagihan, bingung kerjaan. (akhirnya) mulai teledor dengan kerjaan yang selama ini halal. Mikir yang haram. Akhirnya yang bisa korupsi, korupsi yang bisa nyolong ya nyolong. Di situ setan senang. Kalau dikejar utang baru setan berbicara. Maka tidak kami imbau (ambil kredit jika belum mampu),” ujarnya kembali.

Jika sudah mampu beli rumah tanpa riba dengan skema kredit, Buya menekankan, jangan lagi mengambil kredit-kredit yang lainnya. 

“Kalau ambil kredit rumah itu, jangan yang lainnya kredit. Memang utang itu gampang ngambilnya, tapi susah bayarnya. Jangan sampai anda terperangkap setan, hanya untuk membayar tagihan itu dengan yang haram,” paparnya.

“Ingat! yang halal itu tetap. Rezeki anda sudah dijamin. Tanpa harus mengambil yang haram, kalau jatah anda halal pasti anda dapat,” tambahnya.

Bagi yang sudah mengambil kredit rumah dengan cara syar’i, Buya Yahya mengingatkan agar tetap kerja dengan cara yang benar dan halal.

“Yang sudah terlanjur urusan dengan kredit yang syar’i. Hati-hati kerja tetap yang bener yang halal, yang berkah. Jangan sampai untuk menutup kredit tersebut utang-utang tersebut lalu mengambil yang haram. Wallahu a’lam bisshawab,” tuturnya.

Maa syaa allaah, sudah sangat jelas bukan bahwasanya dalam memiliki rumah kita juga harus mengutamakan ridha Allah Subhanahu Wata’ala sehingga hidup kita qanaah dan juga berkah, tidak terjerat dengan cicilan riba dan berhutang dalam jangka waktu yang lama. Tidak sedikit loh dari mereka yang hidupnya tidak tenang, terhimpit menjerit dengan jeratan riba bank..

So,

Buat anda yang ingin beli rumah tanpa riba guna menghindari dosanya yang #ngeribanget, yuk mulai cari kredit rumah syariah dikota tempat anda tempati. Dan bagi anda yang tinggal di daerah Tasikmalaya dan sekitarnya, kami bisa menjadi solusi kredit rumah syariah tanpa riba di Tasikmalaya.

————————————-

————————————-

MORE INFORMATION :

Hotline / WA : 0878-8321-3555

Website : sahabatprosyariah.co.id

Facebook : facebook.com/sahabatprosyariah

Instagram : @sahabatpropertisyariah.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  • Change Currency

  • Change Measurement

  • Advanced Search


Compare Listings

kontol